logo illustration

Hi ! Welcome to my shop and blog. Hope you enjoy it !

Collaboration :
Bandung, Indonesia
hello@heavenlyspace.net

Subscribe our newsletter

5 Aktivitas Upgrade Diri Untuk Ibu Kekinian

Pernah nggak sih ngerasa hidup kok gini gini aja sejak jadi ibu? atau mungkin sejak menikah?

Kayaknya setiap hari ngerjain hal monoton. Beberes rumah, mandiin anak, nyuapin anak…

Tenang moms, you’re not alone

judul

Perubahan ruang gerak yang signifikan saya rasakan saat mulai menjadi ibu. Keterbatasan ruang gerak sangat kerasa sejak memiliki anak, bagaimana tidak, saya yang dulunya aktif bekerja, kemana-mana sendiri, mandiri berubah drastis menjadi penuh kekhawatiran, bergantung pada suami dan stress karena menjadi ibu rumah tangga yang most of the time hanya berada di rumah (berasa kudet). Inner circle saya mulai mengecil, teman-teman mulai sibuk dengan rutinitas mereka begitu pula saya. Bisa dibilang ini adalah titik terendah dalam hidup saya. Stress berat? Pasti. 

Sampai suatu hari saya menyadari bahwa hidup itu harus dinikmati, simply cause we only live once and we deserve that happiness, right?

Apalagi sekarang adalah jaman teknologi, semua hal bisa dikerjakan dirumah. Pun dalam urusan belajar atau self improvement, bisa kita lakukan dengan mencari informasi di media sosial ataupun platform seperti yutub dan pinterest ( my favorite). Berbeda dengan saat bekerja, mungkin akan lebih mudah mendapatkan update infomasi terkini semisal dari teman kantor.

Survey membuktikan bahwa menjadi ibu yang update dan memiliki pengetahuan dapat menjadi trigger menjadi happy mom, lho. Dengan menambah wawasan kita memiliki pikiran yang lebih terbuka sehingga lebih menerima hidup. Menjadi ibu yang update juga penting lho untuk mendidik anak, apalagi generasi milenial saat ini.

Nah, di post kali ini saya ingin sharing 5 kegiatan yang dapat membantu kamu, terutama ibu-ibu agar tetap update dengan era digital saat ini.

Dengerin Podcast

Kegiatan berfaedah yang dapat dilakukan sambil mengerjakan aktivitas lain adalah mendengarkan podcast. Banyak kok anak muda dengan pemikiran-pemikiran positif yang bikin podcast.

podcast

Oh iya, untuk yang belum familiar dengan podcast, podcast itu semacam rekaman, bisa berbentuk audio atau video atau bisa dibilang mirip radio pribadi yang biasanya berisi pemikiran-pemikiran dari si pembuat podcast, kita juga bisa memilih  topik apa yang akan didengarkan. Podcast dapat didengarkan di soundcloud ataupun spotify, ya. Podcast favorit saya adalah podcast subjective, puty’s journal (punya mbak puty puar, ilustrator dan penulis buku happiness is homemade & komik persatuan ibu-ibu) dan ibu-ibu yacult (punya mbak marchella fp, penulis buku generasi 90an & NKTCHI).

Blogging

Entah disadari atau tidak, dengan menulis suatu topik tertentu, secara tidak langsung kita belajar memahami topik tersebut secara lebih dalam sehingga pengetahuan semakin bertambah.

blogging

Misalnya nih, kita akan menulis blog tentang gaya hidup minimalist, otomatis kita cari tau dong seluk beluk tentang home organizing, decluttering, ataupun metode hidup minimalist. Nah, secara tidak langsung, ilmu kita akan bertambah, itung-itung sambil ngeblog juga sambil belajar lah ya. Selain itu, kita juga dapat pahala karena membagikan informasi ke orang yang membutuhkan, istilahnya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui..hehe.

Stalking Sosial Media

Stalking media sosial bisa menjadi berfaedah kalau kita menyikapinya dengan positif, lho. Tapi kita harus pilih pilih juga, jangan ngabisin waktu buat stalking instagram akun yang nggak bermutu, la*be tu*rah misalnya..hehe. Alokasikan waktu 30-45 menit aja, jangan terlalu lama untuk melihat instagram, pinterest atau media sosial lain karena ini sebenarnya toxic banget , pilih akun yang kreatif dan menginspirasi ya supaya kita lebih kreatif.

Join Komunitas

Nah, bagi kamu yang semangatnya sering down, join komunitas adalah solusinya. Join komunitas sesuai dengan passion atau hobi kamu, biasanya kawan kawan dalam komunitas sering mengadakan event atau sekedar bertukar pikiran yang dapat mem boost semangat, lho. Misalnya saja saya, blogger perempuan adalah salah satu komunitas yang saya ikuti dan terasa banget manfaatnya ketika saya kesulitan ataupun saat saya malas menulis. 

Baca Buku

buku

Kata orang buku itu jendela dunia. Saya sangat setuju dengan hal tersebut, kebayang nggak sih kita nggak pernah travelling ke endensor, brimingham atau tempat tempat di pelosok dunia namun kita bisa tau dan merasakan vibesnya hanya dengan membaca buku.

Nah, bagi saya baca buku adalah salah satu cara membuka pikiran pikiran dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, habit baca buku juga dapat ditularkan kepada anak untuk mengajarkan budaya literasi.

Nah, itu dia 5 kegiatan yang dapat dilakukan baik oleh ibu yang bekerja maupun ibu yang stay at home untuk upgrade diri dan tetap update terhadap perkembangan lifestyle saat ini. Tinggal pinter-pinternya kita mengatur waktu disela-sela kesibukan yang ada. Semoga bermanfaat..

Cheers !

Comments: 2
  • LINDA KURNIASARI May 2, 2019 1:54 am

    You are a great writer .. keep writing !

Post a Comment