logo illustration

Hi ! Welcome to my shop and blog. Hope you enjoy it !

Collaboration :
Bandung, Indonesia
+62 85 974986644
hello@heavenlyspace.net

Subscribe our newsletter

7 Dekorasi Yang Dapat Diaplikasikan Untuk Mendapatkan Kesan “BOHO”

Hai..! as I promised di blogpost sebelumnya kalau di post minggu ini saya mau ngobrol tentang Boho Home Decor . Style Boho atau Bohemian mulai populer di tahun 2018 ini, lho. Walaupun bukan 100% Boho Style, namun sudah mulai banyak orang mengkombinasikan dekorasi-dekorasi ala Bohemian untuk mendekor rumah. Pun di majalah-majalah home decor, style ini mulai sering muncul seperti majalah Rumah atau IDEA.

Saya pribadi paling sering baca majalah via S-Lime, aplikasi bawaan Samsung khusus buat baca majalah/buku karena selain nggak ada space buat nyimpen majalah dirumah, baca via gadget lebih paperless dan gampang dibawa kemana-mana. Tapi ya nggak enaknya mata jadi cepat lelah karena kebanyakan menatap layar HP.

Boho home decor sering menampilkan colorful pattern dan elemen-elemen natural dalam design-nya. Nggak ada aturan baku untuk mendekor boho style karena pada dasarnya gaya ini diadopsi dari kaum gypsy yang mayoritas hidupnya adalah traveling sehingga segala macam benda dapat dijadikan dekorasi. Namun di era modern ini, seringnya orang mendekorasi dengan mengkombinasikan berbagai gaya (asal jangan banyak gaya aja ya..hehe).

Baca juga : Fallin’ In Love With Boho Style (and the history)

Nah si Boho ini juga kelihatan cantik dipadupadankan dengan gaya rustic, shabby chic ataupun ala ala nordic, lho. Untuk mendapatkan Boho Look di rumah, ada beberapa dekorasi yang dapat ditambahkan, Let’s get the vibes!

Plant

PlantKesan natural dapat didapatkan dengan menambahkan sesuatu yang “hijau” pada ruangan, seperti tanaman. Indoor Plant selain berfungsi sebagai dekorasi juga memiliki fungsi membersihkan udara ruangan. Any kind of plants, namun yang sering digunakan adalah tanaman tropical baik yang ukuran besar atau mini seperti Monstera alocasia, monstera mini, Palm, lidah mertua (Sansevieria) ataupun jenis Succulent. Biar lebih terasa Boho vibes-nya, make your home look a bit jungle-like.

Rug

Bohemian style sering menggunakan rug dengan moroccan pattern dan overdyed. Namun tidak ada salahnya menggunakan motif motif modern yang colorful sebagai statement area rug.

rugAnyway, kalau kamu tinggal di kota Bandung dan mempertimbangkan untuk mendapatkan karpet dengan harga yang relatif murah, bisa coba hunting di Jalan Alkateri, lokasinya dekat dengan Cibadak dan Pasar Baru. Sepanjang Jalan Alkateri berderet toko-toko penjual karpet, harganya bervariasi, kalau karpet import seperti karpet Turkey ya harganya lumayan menguras kantong, tapi kalau karpet lokal lumayanlah bisa save budget untuk keperluan yang lain. Intinya harus bisa nawar. Kalau kamu jeli, karpet dengan motif nggak pasaran bisa didapetin disini,lho.

Macrame

macrame Nah, ini dia si elemen home decor yang jadi primadona akhir-akhir ini. Macrame sendiri sebenarnya adalah seni kerajinan yang menggunakan tali/benang untuk menciptakan berbagai macam asesoris dengan teknik simpul menyimpul (knot). Menurut sejarah, sebenarnya Macrame berasal dari penenun Arab pada abad ke-13, lho. Kata “Macrame”adalah adopsi dari bahasa Arab yaitu migramah. Seni Macrame ini dapat diaplikasikan sebagai Wall Decoration, Plant Wall Hanging, dekorasi lampu, lilin dan sebagainya untuk membuat Boho vibes.

Oh iya, jika kamu sedang mencari macrame untuk dekorasi ruangan, gift ataupun wedding decoration, bisa kontak saya untuk kolaborasi.
Fabric Wall Decor

bohochicBoho Style biasanya menggunakan warna-warna cerah, full pattern dan colorful, salah satunya diaplikasikan pada kain. Kain dapat digunakan sebagai salah satu elemen home decor dengan dijadikan wall decor ataupun sekedar diletakkan di salah satu sudut ruangan sebagai pelengkap.

Pillow/Cushion

PillowSama halnya dengan elemen dekorasi lainnya, gunakan bantal/cushion dengan full pattern seperti motif-motif moroccan dan warna-warna yang gonjreng. Jangan lupa gunakan tassel atau fringe untuk menambah kesan boho. Biasanya gaya Boho menggunakan bantal yang cukup banyak dalam mendekor ruangan.

Fur

furDekorasi ini tidak wajib, namun bisa ditambahkan sebagai pelengkap. Baik digunakan sebagai blanket, alas kursi, alas meja, tambahan pada karpet atau hanya diletakkan begitu saja sebagai pemanis.

Candle

pinterestLilin, selain memberikan kesan hangat, dapat memberikan kesan vintage dan eclectic. Pun jika dilengkapi dengan holder dengan kesan nordic, cocok dikombinasikan dengan Boho Style dalam mendekor ruangan.

Anyway, apapun gaya yang diaplikasikan dalam mendekor ruangan sebenarnya tergantung personality penghuninya, yang terpenting orang yang tinggal dirumah tersebut merasa nyaman.

Kalau dilihat kembali Boho style ini lebih cocok untuk orang yang tidak terlalu rapi namun artistic karena peletakan barang-barangnya cenderung acak dan penggunaan warna yang colorful. Berbeda dengan gaya Scandinavian yang cenderung menampilkan kesan clean dan banyak penggunaan storage furniture yang cocok untuk orang yang terorganisir. But the point is, jangan batasi kreativitasmu dalam berkreasi hanya karena teori dalam mendekor ruangan,  jika kamu bisa ciptakan gayamu sendiri, why not?

Happy Decorating !

 

*Foto Milik :

  1. Plant, Rug, Macrame dan Pillows/Cushion : www[dot]unsplash[dot]com
  2. Fabric Wall Decor : www[dot]bohochic[dot]style
  3. Fur dan Candle :www[dot]pinterest[dot]com
No Comments

Post a Comment