logo illustration

Hi ! Welcome to my shop and blog. Hope you enjoy it !

Collaboration :
Bandung, Indonesia
hello@heavenlyspace.net

Subscribe our newsletter

Things To Do before Buying Cosmetics

Semakin kesini saya semakin sadar bahwa sangat penting mengecek apapun sebelum kita membeli barang termasuk kosmetik. Kosmetik itu nggak terbatas pada make up yang sering dipakai wanita ya, tapi sabun, deodorant, pasta gigi dan anything yang digunakan pada bagian luar tubuh buat ngebersihin, ngewangiin atau mengubah penampilan termasuk kosmetik. Apalagi di jaman sekarang, rasa-rasanya wanita kalau nggak pake kosmetik (in case make up) jadi nggak afdol, ada yang kurang, ya nggak sih?

2

Nah, beberapa waktu lalu ketika saya sedang mengunjungi toko-toko kosmetik di sekitar tempat tinggal, saya menemukan banyak banget kosmetik ilegal dan palsu yang dijual. Sempat ngobrol dengan pemilik toko tapi mirisnya kebanyakan dari mereka malah nggak tau kalau produk yang mereka jual itu ilegal /palsu, sedih. Oh iya, kosmetik ilegal itu adalah kosmetik yang belum didaftarkan di BPOM sebagai regulator pengawas obat dan makanan termasuk kosmetik didalamnya sedangkan kosmetik palsu sebenarnya ada produk yang sudah didaftarkan di BPOM namun ditiru mirip seperti aslinya, it means keamanan si produk ilegal/palsu ini nggak bisa dipertanggungjawabkan. Kalau si penjual aja nggak bisa menjamin produk yang mereka jual, kita sebagai konsumen harus aware dong dengan apa yang kita beli.

So, di post kali ini saya ingin share apa aja sih yang perlu diperhatikan sebelum membeli kosmetik, mengingat banyak banget beauty blogger/vlogger yang review berbagai macam kosmetik tapi jarang ada yang mengulas tentang kosmetik palsu, Check this out !

Jangan Lupa Cek Kemasan-nya

First, sebelum membeli make up, saya selalu memastikan kemasan dalam kondisi baik, no penyok, masih tersegel sempurna dan lengkap. Karena jika kemasan udah kebuka, penyok atau bocor, isi produk udah kontak dengan udara luar dimana udara mengandung banyak mikroorganisme dan dapat mengkontaminasi produk sehingga isinya mungkin udah nggak aman lagi. Bukannya fungsi kemasan melindungi produk?. Kecuali kalau belinya online ya, saya lebih prefer beli ke olshop yang memang terpercaya seperti sociolla atau shopee mall per brand gitu.

Cek Labelnya juga ya!

3

Label berfungsi sebagai informasi produk, biasanya nih isinya ada nama/merk produk, komposisi/kandungan bahan,produsen, legalitas, informasi tgl kedaluwarsa dll. Yang perlu di highligt, komposisi penting untuk menentukan seberapa aman produk tersebut , kalau kita nggak ngerti bahan-bahan yang diperbolehkan untuk kosmetik apa aja, gimana dong? Gampangnya gini, informasi komposisi bisa kita gunakan untuk mengetahui kecocokan kita terhadap suatu produk, misal kita alergi terhadap salah satu komponen yang ada di produk ya jangan dipakai. 

Ijin Edar itu penting !

Ijin edar adalah bukti bahwa produk telah didaftarkan di BPOM, biasanya tercantum pada kemasan baik kemasan sekunder sampai kemasan terkecil. Tapi jangan langsung percaya ya pada ijin edar yang dicantumkan, karena bisa saja nomor tersebut palsu. Biasanya saya mengecek kebenaran legalitas yang dicantumkan melalui CekBPOM, aplikasi yang dirilis oleh Badan POM untuk memeriksa nomor ijin edar suatu produk. CekBPOM ini ada yang berbasis aplikasi yang bisa didownload di playstore ada pula yang berbasis web yang bisa diakses melalui https://cekbpom.pom.go.id/. Untuk cara penggunaannya bisa lihat di video yutub aku dibawah ini ya..

4

Cek Kedaluwarsa

The last thing, yang perlu diperhatikan adalah pastikan produk mencantumkan tanggal kedaluwarsa produk atau Expired Date. Melalui informasi ED ini kita bisa tahu sampai kapan produk masih aman dan layak digunakan. Harusnya sih ED tercantum pada kemasan terkecil dan jika nggak ada informasi tersebut, patut dipertanyakan, masa iya nggak bisa kedaluwarsa? 

Emang sih, ada beberapa orang yang tetap membeli produk palsu karena daya beli yang kurang. Saya pribadi kadang tergiur dengan harga murah..hehe. Tapi coba deh pikirkan dampaknya apabila menggunakan produk palsu, bisa jadi malah ngerusak kulit, tubuh bahkan kesehatan.

Yuk mulai selektif memilih kosmetik !

No Comments

Post a Comment