logo illustration

Hi ! Welcome to my shop and blog. Hope you enjoy it !

Collaboration :
Bandung, Indonesia
+62 85 974986644
hello@heavenlyspace.net

Subscribe our newsletter

Copic Color Palette for Photoshop Part I (Free Download)

Bagi saya poin penting yang membuat sebuah gambar menjadi amazing adalah tahap coloring. Sampai saat ini pula saya masih belum puas dengan cara saya mewarnai gambar (ya iyalah kan newbie..hehe). For me, color is hard, really really hard but I am trying to learn this point.

Ilustrator pro biasanya memiliki  style sendiri dalam menggambar, begitu pula color palette yang digunakan, mereka nggak pakai banyak warna namun memiliki warna-warna khas yang sering dipakai. Style disini adalah ciri khas ya, dimana ketika kita melihat suatu gambar, kita udah bisa menebak, oh ini gambar si A, ini gambar si B. Ciri khas gambar seorang illustrator dapat dilihat dari cara menggambar, goresan brush, texture saat coloring ataupun dari warna-warna yang sering digunakan.

Berbeda dengan illustrator yang sudah pro, orang yang sedang belajar menjadi illustrator atau orang yang sedang belajar menggambar seperti saya, cenderung menggunakan berbagai macam warna ketika mewarnai ilustrasi. Style nya pun cenderung mengikuti role modelnya, misalnya saja saya yang nge fans sama gambarnya Jordi Labanda, Rongrong Devoe atau mbak Dinda ps, saat menggambar, suka kebawa stylenya. Walaupun jadinya malah kayak copying, but It’s Okay, It’s just a process untuk mendevelop style ilustrasi, mencari yang paling cocok dengan diri kita. Keep praticing it, someday you’ll find your own style.

Ngomong-ngomong soal warna, saya demen banget sama warna-warna yang dimiliki Copic . Surprise ada marker yang punya variasi warna banyak banget, sekitar 358 warna dan warnanya unik.

What is Copic?

copic

Foto milik richards-expo.com

“Copic is a brand of refillable markers and related products made in Japan by Too. Copic markers are available in 358 permanent, non toxic, alcohol based ink colors and are refillable using standard color ink refills”

Pengertian tersebut saya ambil dari Wikipedia.org, jadi intinya Copic adalah refillable markers sehingga dapat digunakan lifetime, jika habis tinggal di refill dengan tinta yang dijual terpisah. Marker ini alcohol based jadi mudah mengering dan dapat di blend.

Mungkin saat ini sudah banyak orang yang mengenal Copic, kalau jaman saya muda dulu (cieilah berasa tua..haha) masih jarang banget dan susah ngedapetin marker sejenis Copic.

Oh iya, sebenarnya Copic Marker memiliki beberapa varian seperti Copic Sketch, Ciao, Classic dan  Wide. Perbedaan jenis-jenis Copic tersebut ada pada jumlah varian warna yang tersedia, jenis/bentuk nibs dan volume tinta yang digunakan untuk refill. Dari keempat varian Copic, Copic Sketch lah yang memiliki paling banyak varian warna. Marker ini banyak digunakan oleh Fashion Illustrator Pro buat bikin ilustrasi. Harga marker ini lumayan “WOW” untuk kantong saya dan karena saya lebih sering menggambar digital, belum terbesit keinginan untuk mengoleksinya..hehe.

How Many Colors Does Copic Markers Have?

Around 358 Color. Warna dari Copic Marker sendiri dibagi menjadi 16 family. Nama family ini tertera pada digit pertama dan /atau kedua pada kode markernya untuk memudahkan kita mengidentifikasi warna dan mempermudah saat menge-blend warna.
copic color families

Digit kedua dari akhir kode menunjukkan Saturation Number dan digit terakhir menunjukkan Brightness Number. Kebayang kalau nggak ada kodenya gimana mau ngebedain warna yang mirip-mirip ya kan..

BV04

Contoh kode Copic

How about Digital Painting?

Menggambar secara digital lebih memungkinkan kita untuk explore lebih banyak warna, lho!. Ssstt..sebenarnya ada software yang menyediakan brush dan color layaknya Copic beneran. Ada yang pernah coba? Yap, Autodesk Sketchbook Pro. Jika kamu belum pernah mencoba software ini, You Have To Try This !. Autodesk Sketchbook dapat diakses di Windows, Mac ataupun Android. Dulu saya pakai aplikasi ini di Samsung Tab A tapi karena dasarnya saya nggak suka gambar dibidang yang terlalu kecil, kemudian saya pakai di komputer. Sayangnya saat ini software ini hanya dapat dijalankan di processor 64-bit..hiks.

Sketchbook

Autodesk juga memiliki banyak pilihan brushes yang kece abis, namun saya memiliki kendala ketika membuat gambar untuk diprint atau dicetak, tidak seperti Photoshop yang dengan mudah membuat canvas dengan resolusi tertentu, di Autodesk agar gambar bagus ketika dicetak harus melalui perhitungan terlebih dahulu. Gambar saya sering pecah ketika diprint dengan ukuran canvas yang sama dengan yang saya pakai di Photoshop. Finally, pilihan saya masih jatuh ke Photoshop sih. Buat teman-teman yang suka gambar di Ps juga seperti saya, saya bikin copic color palette nya untuk dipakai di Photoshop, lho, ekstensinya .aco. Saya share  link downloadnya dibawah ini ya jika teman-teman juga ingin menggunakannya.

Untuk Part I,  saya share  family color Blue Violet, Red Violet, Red, Yellow Red, Yellow dan Earth terlebih dulu ya. Warna lainnya akan saya share di Part II.

Copic Color Palette for Photoshop Part I (download disini)

Semoga bermanfaat !

Oh iya, untuk Color System Copic dan cara blending warna yang lebih jelas, teman-teman bisa baca di websitenya Copic Marker, silahkan dicek :
No Comments

Post a Comment